Blog sederhana untuk berbagi informasi

Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan

Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan - Kelinci merupakan hewan mamalia dari famili Leporidae, hewan ini hidup liar dari wilayah afrika terbentang sepanjang daratan eropa, namun sekarang bisa ditemukan dibanyak tempat di Bumi. Kelinci merupakan hewan herbivora berkaki empat yang memiliki bulu yang amat lucu sehingga banyak orang tertarik untuk memeliharanya.
Selain dipelihara, ada pula yang tertarik untuk membudidayakannya.

Baca juga : Memelihara kelinci untuk pemula

Tidak banyak orang mengetahui bahwa kelinci memiliki banyak jenisnya. Selain untuk dipelihara, saat ini kelinci digunakan untuk dikonsumsi. Kelinci yang dikonsumsi biasanya memiliki tubuh yang berukuran besar. Sedangkan kelinci yang dipelihara tubuhnya berukuran lebih kecil dan lucu.
Berikut ini beberapa jenis kelinci yang dapat dibudidayakan :.

Kelinci Anggora
anggora

anggora

Kelinci anggora merupakan kelinci yang berasal dari benua Eropa, lebih tepatnya Turki. Kelinci ini amatlah lucu. Ia memiliki bulu yang tebal dan menyelimuti seluruh bagian tubuhnya menyerupai wool. Di benua Eropa rata-rata kelinci ini dibudidayakan untuk dimanfaatkan bulunya. Bulunya yang halus dan lebat dapat dimanfaatkan untuk menjadi wool. Namun di Indonesia kelinci jenis ini hanya digunakan sebagai hewan peliharaan saja.
Sebenarnaya kelinci anggora memiliki 8 jenis, yakni Satin Anggora, French Anggora, England Anggora, Chinese Anggora dan lain sebagainya. Ciri-ciri dari semua jenis kelinci anggora ini hampir mirip. Dari semua jenis ini memiliki bulu yang tebal dan warna yang bervariasi. Ada yang berwarna putih, hitam, coklat bahkan pelagi.
ciri-ciri:
1. warna bervariasi seperti hitam, coklat, putih, hitam putih, bintik putih, orange atau kombinasi dari banyak warna tersebut
2. bulu halus dan lebat dan bisa tumbuh dihampir semua permukaan tubuh termasuk kaki


Kelinci Lop
lop

lop

Kelinci ini memiliki keistimewaan tersendiri. Keistimewaan kelinci ini terletak pada telinganya. Biasanya telinga pada kelinci umumnya posisinya tegak, namun telinga pada kelinci lop menggantung dari pengkal kepala hingga pipi. Telinga kelinci lop mirip dengan telinga pada anjing.
Kelinci lop juga memiliki jenis yang beraneka ragam. Varietas kelinci ini adalah English Lop, Dwarf Lop, Holland Lop dan lain sebagainya. Diantara semua jenis kelinci tersebut, kelinci jenis English Lop lah yang paling terkenal.
ciri-ciri :
1. telinga lebar dan menggantung kebawah
2. warna variasi putih dan abu-abu


Kelinci Rex
rex

rex

Kelinci Rex berasal dari negeri Prancis. Kelinci ini mulai muncul pada pada kegiatan International rabbit Show yang diadakan di paris pada tahun 1924. Sejak saat itu kelinci rex mulai di gemari hingga ke benua Amerika. Kelinci ini dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya. Karena ukuran kelinci ini cukup besar dibanding jenis kelinci yang lainnya. Selain itu bulu kelinci rex juga dimanfaatkan untuk bahan jaket dan aksesoris pakaian. Seperti kelinci lainnya, jenis kelinci rex juga memiliki banyak varietas, seperti White Rex, Blue Rex, Dalmatian Rex dan lain sebagainnya.
ciri-ciri:
1. bulu kas yang lembut
2. warna variasi ada putih, hitam, coklat maupun campuran


Kelinci American Chinchilla
american chinchilla

american chinchila

Kelinci jenis ini memiliki ukuran tubuh yang amat bervariatif. Ada yang berukuran kecil dan ada pula yang berukuran besar bahkan berukuran raksasa.
Biasanya kelinci jenis ini yang berukuran raksasa merupakan hasil perkawinan silang. Misalnya perkawinan silang antara Standard Chinchilla dengan Flemish Giant.
ciri-ciri:
1. warna abu abu, dan berisi
2. punggung ramping dan melengkung dari tengkuk sampai pantat


Kelinci Tan
tan

tan

Kelinci Tan awalnya merupakan kelinci yang hidup di alam bebas dan penakut. Namun setelah dikembangkan, kelinci ini tumbuh dengan memiliki tubuh yang gagah dan amat menarik.
Kelinci ini juga memiliki warna bulu yang bervariatif. Ada yang berwarna hitam, biru, coklat dan juga putih. Ada pula yang memiliki perpaduan warna hitam dan coklat tua.
Kelinci Tan ini termasuk kelinci kecil, bulunya mengkilap berwarna cokelat kemerah-merahan (ada juga yang hitam abu-abu). Warnanya jelas, terang, terdapat di bawah dagu sampai ke dada, tengkuk, dan bawah ekor. Bagian perut sampai bagian sebelah dalam kaki depan juga berwarna cokelat kemerah-merahan, dan telapak kakinya putih. Jenis kelinci ras Tan ini sangat sesuai untuk peliharaan dan digemari.








3 comments:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan