Blog sederhana untuk berbagi informasi

Memelihara Kelinci untuk Pemula

Memelihara Kelinci untuk Pemula - Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup populer, dengan ukuran yang kecil dan bentuk yang lucu sehingga banyak orang menjadi tertarik untuk memeliharanya. Seperti kebanyakan hewan peliharaan, untuk memelihara kelinci diperlukan perhatian yang cukup apalagi untuk pemula, berikut beberapa informasi yang perlu diperhatikan untuk memelihara kelinci bagi pemula.


1. Kelinci yang berumur dibawah 2 bulan rentang kematian
Kebanyakan kelinci yang dijual baik di toko hewan maupun di pinggir jalan menjual kelinci dibawah umur 2 bulan. Kelinci yang berumur dibawah 2 bulan rentang terhadap penyakit karena kekebalan tubuhnya masih rentang, oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa kelinci yang akan kita pelihara paling tidak telah berumur diatas 2 bulan, jika dibawah dari itu maka diperlukan perlakuan khusus.

2. Makanan dan Minuman
Kebanyakan orang memberi tanaman kangkung sebagai makanan dan sedikit air dengan anggapan kebutuhan air sudah dipenuhi dari kangkung, anggapan ini tidak terlalu tepat karena kangkung yang berlebihan bisa menimbulkan masalah. Kangkung dan kubis menyimpan potensi gas yang tinggi akibatnya air kencing bau sedangkan kebutuhan air juga harus dipenuhi, kandungan air dalam sayuran tidaklah cukup.
Pakan kelinci yang baik adalah rumput untuk umur dibawah 2 bulan dan kombinasi pelet organik, sayuran maupun wortel untuk kelinci diatas 2 bulan, namun makanan yang organik diutamakan. Jadi pastikan kebutuhan makanan dan minuman kelinci terpisah dan terpenuhi.

suka wortel

3. Kebersihan Kandang
Kebersihan kandang harus dijaga terlebih jika kelinci yang diperlihara masih kecil. Kematian kelinci sering terjadi saat musim hujan disebabkan karena kelembaban yang tinggi serta tidak terawatnya kandang. Kaki dan kuku kelinci maupun lantai kandang perlu dibersihkan agar kuman atau kutu mati, kandang yang dipenuhi kotoran maupun urin menyebabkan penyakit kudis yang kemudian dapat menular ke telinga kelinci. Jadi pastikan kebersihan kandang maupun tubuh kelinci terawat

ingat untuk memisahkan makanan dan minuman

kandang bersih, kelincipun senang





3 comments:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Memelihara Kelinci untuk Pemula